23 Gubernur Siap Hadiri Penas XIII
26 Mei 2011 Admin Website Artikel 249

SAMARINDA - Setidaknya 23 Gubernur di Indonesia menyatakan kesiapan untuk menghadiri Pekan Nasional (Penas) XIII Tani Nelayan yang akan berlangsung di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, 18-23 Juni 2011.

Hal itu dikatakan Sekretaris Penas XIII, Purwanto, Selasa (24/5), terkait kepastian sejumlah gubernur yang akan menghadiri perhelatan nasional yang akan dihadiri sekitar 30.000 petani dan nelayan dari penjuru tanah air.

Sebanyak 23 gubernur yang menyatakan kesediaan menghadiri Penas XIII diantaranya, Gubernur Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau. Selain itu, seluruh gubernur di Pulau Jawa dan Bali, kecuali Jawa Barat yang belum menyatakan konfirmasi.

"Untuk Gubernur di Kalimantan, telah ada konfirmasi dari Kalimantan Selatan. Sementara dari Kalimantan Barat dan Tengah masih menunggu kepastian," ujarnya. "Wilayah Indonesia Timur, sebagian besar provinsi di Sulawesi siap hadir kecuali Sulawesi Tenggara dan Gorontalo yang masih menunggu konfirmasi. Disamping itu, provinsi Maluku, Maluku Utara dan Papua, kepala daerahnya telah menyatakan kesediaan hadir di Tenggarong.

Tidak cuma kehadiran gubernur, para petani dan nelayan juga diperkirakan akan bertambah dari estimasi semula yang diperkirakan 30 ribu orang. Dari konfirmasi sementara, peserta terbanyak dari provinsi NAD mencapai 2.350 orang. Selanjutnya Kalimantan Selatan yang akan mengirim 1.500 perserta petani. Begitupun dengan Sulawesi Selatan akan mengirim 1.500 orang atau berkurang dari rencana semula akan menghadirkan sekitar 2.000 orang.

Kendati demikian, dari konfirmasi awal ini, umumnya peserta Penas dari daera-daerah umumnya mengalami peningkatan, sehingga bukan tidak mungkin jumlahnya akan membengkak dari perkiraan semula, yakni 30.000 orang.

Selain itu, puncak kedatangan para peserta Penas dari berbagai provinsi di Indonesia diperkirakan rata-rata terjadi pada H-4 hingga H-2 atau tanggal 14-16 Juni 2011

"Kedatangan peserta ini memang tidak sekaligus, tetapi secara bertahap. Kedatanagn pertama pada tanggal 12 Juni yaitu Provinsi Sulawesi Tengah. Sedangkan yang datang hingga tanggal 17 Juni yaitu Provinsi Lampung, Kepulauan Riau, Jawa Timur, Banten, Sulawesi Utara dan Maluku Utara," jelasnya.

Jumlah dan jadwal kedatangan peserta akan terus dipantau untuk memastikan kepesertaan Penas, sehingga persiapan panitia benar-benar sempurna untuk melayani puluhan ribu tamu dari seluruh penjuru tanah air.

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait