2014, Pelaku Diminta Waspadai Iklim
15 November 2013 Admin Website Berita Nasional 278
2014, Pelaku Diminta Waspadai Iklim
JAKARTA. Produsen kelapa sawit dihimbau waspada terhadap perubahan iklim yang terjadi pada 2014 mendatang karena selama ini adanya perubahan iklim berkontribusi terhadap turunnya produksi sawit.
 
Sekjen Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Joko Supriyono mengatakan produksi kelapa sawit pada 2014 diperkirakan akan naik jika curah hujan cukup tinggi dan merata. Selain itu, di sektor budidaya tanaman juga semakin baik.
 
"Produksi itu juga dipengaruhi curah hujan, selama curah hujan ini baik dan merata. Maka produksi diperkirakan akan meningkat," katanya hari ini, Rabu (13/11/2013).
 
Tahun ini produksi kelapa sawit sempat terkoreksi di kisaran 26 dan 27 juta ton saja nilai tersebut sudah ditambah sisa ekspor tahun lalu, padahal sebelumnya produksi diproyeksikan mencapai 27,5 juta ton.
 
Melihat hal ini, jelas Joko, pihaknya akan meminta mengandeng BMKG. Lembaga ini diharapkan dapat memberi masukan mengenai perkiraan iklim yang akan terjadi pada tahun mendatang.
 
"BMKG diharapkan dapat memberikan masukan kepada pengusaha mengenai perkiraan iklim yang akan datang, hal ini perlu agar pengusaha dapat mengantisipasnya," jelasnya

DIKUTIP DARI BISNIS INDONESIA, KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

Artikel Terkait