2.200 Ha untuk Masyarakat
02 Desember 2009 Admin Website Artikel 267
#img1# Demikan informasi saat PT TPS menggelar penanaman perdana lahan plasma, Kamis (26/11) lalu. Diresmikan Kepala Badan Perancanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar Rusdiansyah yang mewakili Pj Bupati Kukar, hadir pula Kepala Dinas Perkebunan Kukar Hairil Anwar, dan unsur musyawarah pimpinan Kembang Janggut, tokoh masyarakat, serta manajemen PT TPS bersama ratusan karyawannya.

General Manger PT TPS Daniel mengatakan, penyediaan lahan plasma bagi masyarakat di sekitar perusahaan merupakan kewajiban, sesuai kesepakatan maupun dalam izin perusahaan. "Keberadaan kami akan memberikan manfaat kepada warga sekitar. Selain lahan plasma, kami juga mengutamakan tenaga kerja lokal yang sampai saat ini telah berjumlah 550 orang," ujar Daniel, dalam laporannya.

Mulai beroperasi sejak Mei 2008, PT TPS telah merealisasikan kecambah sawit sebanyak 1,5 juta benih. Sejauh ini, PT TPS mempersiapkan lahan siap tanam seluas 4 ribu hektare dari 11 ribu hektare miliknya. Sedangkan penanaman yang telah terealisasi sekitar 3 ribu hektare.

Lebih jauh, Daniel berharap, masyarakat sekitar perusahaan dapat mendukung perkembangan perusahaan. Karena keberhasilan PT TPS tak lepas dari dukungan masyarakat sekitarnya. "Jika perusahaan ini sukses dan berkembang, masyarakat sekitar juga merasakan manfaatnya," harapnya.

DIKUTIP DARI SAMARINDA POS, SENIN, 30 NOPEMBER 2009

Artikel Terkait