17 Petugas Pendamping Ikuti Bimtek Budidaya Kakao
30 Maret 2022 Admin Website Berita Daerah 72
17 Petugas Pendamping Ikuti Bimtek Budidaya Kakao

SAMARINDA. Sebanyak 17 orang petugas pendamping dari kabupaten/kota se kaltim mengikuti bimbingan teknis budidaya tanaman kakao selama satu hari di Samarinda dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun), Ujang Rachmad didampingi oleh Kepala Bidang Pengembangan Komoditi, Hj Rr Zuraida Henny Hapsari mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Kegiatan Pengembangan Ketenagaan Penyuluhan Pertanian Tahun 2022.

“Sebanyak 17 orang petugas pendamping se Kaltim dilatih teknik pengembangan budidaya kakao yang meliputi peremajaan, rehabilitasi dan intensifikasi serta penanganan pasca panen kakao”, ungkapnya, Selasa (29/03) kemarin.

Menurut dia, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi petugas yang memiliki keterampikan dan keahlian teknis budidaya di lapangan, yang mana sangat berpengaruh saat melakukan kegiatan pembinaan dan pendampingan kepada petani.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktek langsung penanganan pasca panen kakao.

Ujang menambahkan, masalah utama kakao di Indonesia selain rendahnya produktivitas, juga mutu biji kakao yang dihasilkan tergolong rendah di pasaran dunia. Umumnya kakao yang dijual berupa biji kering tanpa fermentasi.

“Harapannya petani bisa meningkatkan pendapatan dengan pembelajaran teknik pengolahan biji kakao ini”, tutupnya. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait