Sekilas Info

  • Keluarga Besar Disbun Prov. Kaltim Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa - Ramadhan 1435 H
  • Selamat Datang di Situs Web Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur |

Kegiatan Dharma Wanita Bukan Sekedar Arisan Berita Kedinasan

SAMARINDA. Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Perkebunan Kaltim sebagai organisasi kemasyarakatan bukan organisasi yang hanya bisa menggelar arisan tetapi juga aktif mendukung pembangunan daerah.  

"Dalam kiprahnya sebagai mitra pemerintah, DWP  Dinas Perkebunan juga telah memberikan sumbangsih cukup berarti bagi pembangunan daerah. Namun kontribusi  yang telah diberikan harus terus ditingkatkan," kata Ketua DPW Disbun Kaltim  Yetti Irsal Syamsa di sela-sela Gelar Teknologi Tepat Guna di halaman Disbun Kaltim, Rabu (14/5).


Beberapa program kegiatan yang dilaksanakan DWP Perkebunan diantaranya mengelola pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) Nucifera yang terakredetasi A dan didukung tujuh guru Strata I (SI) dan berprestasi guru teladan. Kegiatan lain, DWP Disbun adalah mengelola lahan di areal Dinas Perkebunan dengan tanaman sayuran dan buah-buahan sebagai sumber pangan lestari.


Sementara itu pembina Dharma Wanita Perkebunan Etnawati, sangat mendukung kegiatan peningkatan pemberdayaan perempaun dengan Gelar  Teknologi Tepat Guna berupa pembuatan selai berbahan kelapa juga pembuatan Sari Minyak Kelapa (Virgin Coconut Oil (CVO) yang memiliki nilai jual tinggi dengan bahan yang mudah didapatkan.  Dengan penerapan teknologi tepat guna, diharapkan para ibu-ibu mampu berwirausaha dan bisa meningkatkan penghasilan keluarga.  


"Ibu-ibu Disbun juga harus dapat memahami tugas para suaminya sehingga menunjang peningkatan kinerja," ungkap Etnawati.  


Dijelaskan, pada pelaksanaan kegiatan Dharma Wanita tentunya tidak terlepas dari kerjasama dan sinergi dengan SKPD pemerintah daerah, karena itu pola sinergitas yang telah dibangun selama ini agar terus dibina dan ditingkatkan di masa mendatang.


"Dharma Wanita harus eksis dan memberikan kiprah nyata. Kegiatan ini jangan dijadikan wadah berkumpul-kumpul saja, tapi harus mampu menghasilkan kegiatan dan program kerja yang rasional dan bisa dilaksanakan", ujarnya.  


Di tempat yang sama Wakil Ketua Dharma Wanita Kaltim Hj Norchaili Abdusamad mengatakanm, kiprah Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kaltim sudah terbukti dan memberikan andil yang cukup besar terhadap pembangunan Kaltim.


"Ke depan prestasi yang diperoleh selama ini harus terus ditingkatkan dan dikembangkan dengan baik, sejalan dengan tekad kita bersama untuk menyukseskan terwujudnya Visi Kaltim Bangkit 2013," jelasnya. (sar/hmsprov).

SUMBER : SEKRETARIAT