Sekilas Info

  • Sukseskan Keterbukaan Informasi Publik Menuju Kaltim Maju 2018
  • Untuk Berlangganan Informasi Harga TBS Sawit Dapat Mengirimkan SMS ke 08125551001 |
  • Selamat Datang di Situs Web Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur |

Disbun Monitoring dan Evaluasi LEM Berita Daerah

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim intensif melaksanakan monitoring, evaluasi dan pendampingan kelembagaan lembaga ekonomi masyarakat (LEM).

“Kita intensif monitoring, evaluasi sekaligus pendampingan kepada LEM,” kata Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad didampingi Kasi Pengembangan Kelembagaan dan SDM Hj Fitriani, Senin (8/10).

Monitoring dan evaluasi lanjutnya, dilakukan di LEM Desa Tengin Baru dan Desa Sukaraja Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Diakuinya, LEM di dua desa tersebut sudah terbentuk bahkan susunan nama pengurus sudah pula tersusun.

Guna mendukung penguatan LEM maka diberikan bantuan atau penyediaan pupuk bersubsidi (saprodi).

Selain itu, segera diberikan pelatihan bimbingan teknis keuangan dasar diserta penggunaan aplikasi laporan secara elektronik agar berkelanjutan dan data ter update.

Dalam evaluasi diperoleh informasi LEM Desa Tengin Baru memiliki 60 anggota terdiri 54 anggota biasa dan enam anggota luar biasa dengan simpanan wajib terkumpul Rp17,7 juta.

Bahkan, secara bertahap LEM desa ini telah disosialisasi ke dusun-dusun yang ada di wilayah desa terkait telah terbentuknya LEM Desa Tengin Baru.

Sementara itu LEM Desa Sukaraja memiliki pengurus 28 orang terdiri 24 anggota biasa dan empat anggota luar biasa dengan simpanan pokok terkumpul Rp4,1 juta.

“Kita ingin LEM dari warga, oleh warga dan untuk warga ini memiliki legalitas badan usaha yang berorientasi bisnis sehingga meningkat kesejahteraan mereka,” harapnya.

Hadir Ketua LEM Desa Tengin Baru Sugiman dan Ketua LEM Desa Sukaraja Supriyanto serta fasilitator lembaga pendampingEko Susanto Fauzi serta instansi terkait di tingkat provinsi dan Kabupaten Penajam Paser Utara.
 (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT