Sekilas Info

  • Sukseskan Keterbukaan Informasi Publik Menuju Kaltim Maju 2018
  • Untuk Berlangganan Informasi Harga TBS Sawit Dapat Mengirimkan SMS ke 08125551001 |
  • Selamat Datang di Situs Web Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur |

Optimalisasi Pengelolaan Website, Disbun Jabar Kunjungi Disbun Kaltim Berita Daerah

SAMARINDA. Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan implementasi keterbukaan informasi publik, Dinas Perkebunan Jawa Barat mengadakan kunjungan Dinas Perkebunan Kaltim terkait pengelolaan situs web.

Kepala Dinas Perkebunan, Ujang Rachmad menerima langsung rombongan Disbun Jabar yang dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan, Krisna Gunara, di ruang Hevea, kantor Disbun, Rabu (26/09) kemarin.

Dalam paparannya, Krisna mengatakan, pihaknya menilai Dinas Perkebunan Kaltim merupakan salah satu OPD lingkup Kementerian Pertanian yang berhasil dalam pengelolaan situs web.

"Melalui kunjungan ini, kami ingin adanya sharing, tukar menukar informasi terkait implementasi keterbukaan informasi publik dan pengembangan sistem informasi berbasis web, diantaranya kebijakan dan strategi, implementas, dokumen pendukung serta infrastruktur pendukung sistem informasi di Kaltim, khususnya Dinas Perkebunan," ungkap Krisna.

Sementara itu, Ujang menerangkan Disbun Kaltim telah menampilkan berbagai informasi dan data terkait kegiatan pembangunan di Kaltim melalui media website, diantaranya WebGIS Perkebunan, SP2BKS online dan SIPkebun.

“Saat ini terus diupayakan memperbaiki tampilan dan kecepatan aksesnya. Tujuannya, tak lain untuk mempermudah layanan dalam bentuk informasi kepada masyarakat,” kata Ujang.

Ditambahkannya, pelayanan dan penyajian informasi Disbun Kaltim telah diakui secara nasional. Terbukti situs web Disbun Kaltim meraih prestasi melalui Lomba Website Kementerian Pertanian sebanyak tujuh kali, yakni pada tahun 2005, 2011, 2012, 2014 dan 2016 menjadi juara ke-2 nasional. Sedangkan tahun 2015 dan 2017 menjadi juara ke-1 nasional.

"Beberapa tahun berturut-turut web instansi kami telah meraih prestasi dalam penyampaian informasi publik. Prestasi ini menjadi pemantik semangat agar lebih meningkatkan pelayanan informasi perkebunan berbasis web sesuai dengan yang diamanahkan Undang – Undang No 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik," harap Ujang.

Kunjungan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, kemudian dilanjutkan dengan bertukar cinderamata antara Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad dengan pimpinan rombongan Disbun Jabar, Krina Gunara. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT