Sekilas Info

  • Sukseskan Keterbukaan Informasi Publik Menuju Kaltim Maju 2018
  • Untuk Berlangganan Informasi Harga TBS Sawit Dapat Mengirimkan SMS ke 08125551001 |
  • Selamat Datang di Situs Web Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur |

Disbun Kembangkan SIP Kebun Online Berita Daerah

TANJUNG REDEB. Beberapa tahun terakhir Dinas Perkebunan telah menampilkan berbagai informasi dan data terkait kegiatan pembangunan di Kaltim melalui media website. Hingga saat ini, terus dikembangkan beberapa fitur yang lebih informatif terkait evaluasi dan penataan perijinan, termasuk sistem pemantauan secara online sehingga mampu memberikan informasi yang obyektif, cepat dan akurat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad saat pembukaan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi dan pelaporan Perkebunan (SIP-Kebun) Online, yang diselenggarakan di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau selama dua hari, 25 – 26 Juli 2018 kemarin.

Menurutnya, aplikasi SIP-Kebun merupakan sistem pelaporan kegiatan operasional dan perkembangan perkebunan bagi perusahaan perkebunan kelapa sawit yang disampaikan secara online dan berkala kepada Dinas Perkebunan Provinsi dan Kabupaten.

"Berbagai informasi dapat disampaikan mulai dari informasi legalitas perusahaan, kegiatan perkebunan (pembukaan lahan, pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pengendalian hama), kondisi ketenagakerjaan, kondisi sarana prasarana perkebunan, operasional pabrik pengolahan minyak sawit dan lain sebagainya," papar Ujang.

Pelatihan diikuti oleh 10 orang petugas Dinas Perkebunan Berau dan 30 orang dari perusahaan perkebunan yang berada di wilayah kabupaten Berau. Turut berpartisipasi dalam pelatihan mitra pembangunan perkebunan Kaltim, yakni The Nature Concervancy (TNS), GIZ dan Wesolve (rey/disbun).

SUMBER : SEKRETARIAT