Sekilas Info

  • Sukseskan Keterbukaan Informasi Publik Menuju Kaltim Maju 2018
  • Untuk Berlangganan Informasi Harga TBS Sawit Dapat Mengirimkan SMS ke 08125551001 |
  • Selamat Datang di Situs Web Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur |

Agroindustri Potensi Strategis Pacu Perekonomian Daerah Berita Daerah

SAMARINDA. Pemprov Kaltim melakukan langkah-langkah strategis dengan  menggali berbagai potensi ekonomi yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Misalnya, pengembangan sektor agoindustri dan pertanian dalam arti luas dengan berbagai subsektor didalamnya. Menurut Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, agroindustri melalui pengembangan pertanian dalam arti luas merupakan lokomotif baru Kaltim yang mampu memacu pertumbuhan ekonomi daerah. "Pemerintah telah menetapkan program-program prioritas pembangunan guna percepatan pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Bahkan lanjutnya, dirinya telah melaporkan pelaksanaan proyek strategis nasional di Kaltim sebanyak sembilan proyek ditambah tujuh usulan proyek strategis daerah.  Seperti pembangunan infrastruktur jalan tol, rel kereta api, bandara, pelabuhan, kawasan industri dan kilang migas, pembangunan perbatasan dan proyek kelistrikan. Terkait ketahanan pangan yakni pembangunan Bendungan Marangkayu di Kutai Kartanegara, Bendungan Teritip Balikpapan dan pengembangan pertanian (food estate) di Penajam Paser Utara dan Paser.

Selain itu, proyek prioritas daerah diusulkan pengembangan dua juta hektare sawit serta sektor pariwisata dan jasa. Pemprov harus bekerja keras membangun prioritas untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat guna meningkatkan ketahanan pangan, energi dan penyediaan air bersih. Meningkatkan industrialisasi di berbagai sektor dan percepatan pembangunan infrastruktur (listrik, pelabuhan, jalan, jembatan, bandara). "Kita yakin proyek-proyek strategis nasional serta berbagai terobosan yang dilakukan bisa terwujud dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah," ungkap Awang. (yans/sul/humasprov)

SUMBER : SEKRETARIAT PROV. KALTIM