Sekilas Info

  • Sukseskan Keterbukaan Informasi Publik Menuju Kaltim Maju 2018
  • Untuk Berlangganan Informasi Harga TBS Sawit Dapat Mengirimkan SMS ke 08125551001 |
  • Selamat Datang di Situs Web Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur |

Pengembangan Program SP2BKS Secara Online Berita Kedinasan

SAMARINDA. Setiap satuan kerja perangkat daerah atau sekarang disebut organisasi pemerintah daerah (OPD) dituntut mampu memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat. Salah satunya, OPD harus melakukan  kreatifitas dan inovasi dalam kinerjanya agar pelayanan yang diberikan lebih mudah, cepat dan murah.

Karenanya, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim telah menetapkan pelayanan surat persetujuan penyaluran benih kelapa sawit (SP2BKS) secara online. “Kita kembangkan program dalam pelayanan sebagai inovasi seperti pelayanan SP2BKS secara online yang selama ini manual,” kata Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad, Jumat (26/1).

Menurut dia, pelayanan SP2BKS online tentunya mampu menghemat waktu karena lebih  cepat dan mudah serta transparan sehingga lebih efesien dan efektif. Dibandingkan SP2BKS secara manual selama ini yang prosesnya memerlukan waktu relatif lama sehingga terkesan lambat bagi perusahaan maupun pekebun sawit. Ujang meyakinkan pelayanan online selain pengajuan persetujuan benih cepat, mudah dan transparan juga terbangun sistem eGoverment yang bersih, profesional, efektif dan efesien.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya membangun konekifitas online Disbun dengan 11 sumber benih kelapa sawit yang ditetapkan Direktorat Tanaman Tahunan Ditjenbun Kementan. “Sistem pelayanan online ini sudah aktif dan bisa dimanfaatkan perusahaan maupun masyarakat. Kita sudah menyempurnakan konsep, membangun program aplikasi dan database uji coba aplikasi bahkan sosialisasi hingga operasional,” ungkap Ujang. (yans/sul/humasprov)

SUMBER : SEKRETARIAT